Laboratorium Fisiologi, Perkembangan dan Molekuler Hewan

laboratorium Fisiologi, Perkembangan dan Molekuler Hewan berfungsi mendukung pengembangan ilmu dan penelitian di bidang Fisiologi hewan, Struktur perkembangan hewan, Fisiologi reproduksi, Konservasi dan budidaya untuk dosen maupun mahasiswa S-1 di Universitas Mulawarman maupun perguruan tinggi lain. Laboratorium pada saat ini juga sedang mengembangkan pemodelan fisiologi dan perkembangan hewan dengan pendekatan molekuler. Berbagai riset sedang dan akan dikerjakan baik oleh mahasiswa tingkat akhir dan dosen peneliti di lingkungan Universitas Mulawarman.

VISI Laboratorium Fisiologi, Perkembangan dan Molekuler Hewan

Laboratorium Fisiologi, Perkembangan dan Molekuler Hewan sebagai pusat pengembangan penelitian sesuai dengan standar terbaik, dalam aspek  fisiologi dan perkembangan hewan baik  mamalia maupun non mamalia dengan pendekatan berbasis molekuler serta berasaskan pada hutan hujan tropis dan lingkungannya.

MISI Laboratorium Fisiologi, Perkembangan dan Molekuler Hewan

  1. Mengembangkan penelitian dibidang fisiologi, struktur dan perkembangan hewan baik dari aspek makro maupun mikro dalam rangka pencapaian research based teaching.
  2. Menjadikan Laboratorium Fisiologi dan Perkembangan molekuler Hewan sebagai pusat kajian fisiologi, reproduksi dan perkembangan hewan terutama hewan-hewan dari kelompok mamalia maupun non mamalia seperti kelompok ikan, aves, amphibia maupun reptilia guna menunjang tercapainya visi misi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman..
  3. Meningkatkan deseminasi hasil penelitian kepada masyarakat dan publikasi hasil penelitian ke jurnal ilmiah baik nasional (terakreditasi) maupun internasional.
  4. Menggali dan meningkatkan potensi laboratorium yang berpeluang untuk dijadikan revenue generating unit (RGU) dan revenue generating activities (RGA).
  5. Mendukung kegiatan akademik mahasiswa untuk menjadi sarjana yang memiliki pemahaman menyeluruh mengenai konsep sistem fisiologi tubuh hewan berbasis molekuler serta perkembangannya dan memiliki profil akademik yang baik  dan menjunjung tinggi etika dengan menghargai semua makhluk hidup serta mampu bekerjasama dengan lingkungannya dalam rangka pelestarian dan pengelolaan ekosistem.
  6. Mendukung kegiatan penelitian untuk menggali dan menemukan pengetahuan baru terkait fisiologi dan perkembangan hewan.
  7. Mendukung program pengabdian kepada masyarakat terkait pemecahan permasalahan dalam bidang fisiologi dan perkembangan hewan.

MATA Kuliah

  • Wajib SKS
  • Perkembangan Hewan 3
  • Biologi Dasar (Jurusan Geofisika) 3
  • BIologi Sel 3
  • Pilihan SKS
  • Fisiologi Reproduksi 3

alat

  1. Mikroskop + camera Zeiss (8 set):
  2. Incubator Heraeus (1 Unit):
  3. Waterbath Memmert (1 Unit):
  4. PCR Labnet (1 Unit):
  5. Elektroforesis Biorad (1 set):
  6. Centrifuge Biorad (1 Unit):
  7. Vortex Biosan (1 Unit):
  8. Mikroskop Nikon SMZ800 (1 Unit):
  9. Mikroskop Nikon Eclipse E600 (1 Unit):
  10. MIkropipet Eppendof (3 set):
  11. Shaker Stuart Scientific (1 Unit):
  12. Mikroskop Zeiss (12 Unit):
  13. Neraca Analitik A&D (4 Unit):
  14. Mikroskop Polar 4T (39 Unit):
  15. Mikroskop YS-2 (13 Unit):
  16. Hotplate Thermolyne Cimarec (3 Unit):
  17. Stopwatch SSBJ (2 Unit):
Copyright © 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman