Jurnal Mipa

Pemodelan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesetiaan Konsumen Dengan Metode Covariance Based Structural Equation Modeling (Studi Kasus: Pengaruh Kesetiaan Konsumen Untuk Berbelanja Kembali Di Mini Market Eramart Samarinda)

Ayu Ismiati.Z1, Ika Purnamasari2,*, Rito Goejantoro2


FMIPA Unmul
Email : ika.purnamasari@ymail.com

Structural Equation Modeling (SEM) merupakan suatu teknik yang menggabungkan antara analisis faktor, analisis jalur dan regresi berganda, sehingga dipilih peneliti karena mempunyai keunggulan dibandingkan dengan teknik analisis multivariate biasa yang memungkinkan peneliti untuk menguji dan mengestimasi secara simultan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen dengan banyak indikator. SEM terdiri dari tiga jenis, yaitu Covariance Based Structural Equation Modeling (CBSEM), Partial Least Square (PLS), dan Generalized Structural Component Analysis  (GSCA). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesetiaan koonsumen untuk berbelanja kembali dengan menggunakan metode CBSEM. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesetiaan konsumen adalah faktor kepuasan konsumen, interaksi pekerja dan fasilitas. Ketiga faktor tersebut merupakan variabel laten yang memiliki masing-masing indikator pembentuknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor interaksi pekerja dan fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan konsumen. Besarnya pengaruh langsung faktor interaksi pekerja dan faktor fasilitas terhadap kesetiaan konsumen sebesar 0.476. Tanda positif menandakan hubungan yang searah. Artinya,  semakin baik interaksi pekerja dan semakin lengkapnya fasilitas yang tersedia maka semakin setia konsumen di mini market tersebut.



Kata Kunci : CBSEM, GLS, kesetiaan konsumen, model pengukuran reflektif

Download PDF Indonesia

 
 
Statistika

Matematika

biologi

Biologi

fisika

Fisika

kimia

Kimia

 
Copyright © 2024 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman
Build with Codeigniter Version : 3.1.10