Jurnal Mipa

IMPLEMENTASI BACKTRACKING ALGORITHM UNTUK PENYELESAIAN PERMAINAN SU DOKU POLA 9X9

Febri Utama 1), Awang Harsa Kridalaksana 2), Indah Fitri Astuti 3)


Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas MIPA Universitas Mulawarman
Email : febri_shadow@yahoo.co.id 1) , awangkid@gmail.com 2) , indahfitriastuti@fmipa.unmul.ac.id 3)

Permainan Su Doku pertama kali muncul pada tahun 1979 di majalah Dell Magazines dengan nama Number Places, kemudian menjadi populer dengan nama Su Doku di Jepang pada tahun 1984. Pada umumnya permainan ini terdiri dari 81 kotak kecil (sel), yang disebut juga dengan Su Doku pola 9x9. Su Doku ini dibagi menjadi 9 grid dengan pola 3x3. Diantara sel-sel tersebut terdapat angka 1 sampai dengan 9 sebagai angka awal. Angka-angka awal ini digunakan sebagai pembatas, sehingga kita hanya melanjutkan dengan mengisi angka hingga seluruh sel-sel terisi penuh masing-masing dengan angka 1 sampai dengan 9. Metode umum pencarian solusi Su Doku adalah dengan kombinasi teknik pemindaian (scanning), penandaan (marking), dan analisa (analyzing). Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu aplikasi yang merupakan implementasi dari metode backtracking algorithm untuk menampilkan solusi Su Doku pola 9x9 yang unik dan membuktikan teori ketepatan metode backtracking algorithm dalam penggunaan pencarian solusi Su Doku pola 9x9. Implementasi dari metode backtracking algorithm dibuat dengan bahasa pemrograman Delphi. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi pencarian solusi Su Doku dengan pola 9x9, yang diberi nama Program Aplikasi Sudoku Solver Backtracking Algorithm. Didalam aplikasi ini user menginputkan angka awal sesuai dengan level Su Doku, dimana hasil outputnya adalah tampilan dari solusi unik Su Doku.



Kata Kunci : Su Doku pola 9x9, backtracking algorithm, sel, angka awal, solusi unik.

Download PDF Indonesia

 
 
Statistika

Matematika

biologi

Biologi

fisika

Fisika

kimia

Kimia

 
Copyright © 2024 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman
Build with Codeigniter Version : 3.1.10