Jurusan Matematika Program Studi Statistika FMIPA Unmul Adakan Diskusi

Oleh: Kusnandar | Tanggal: 07-Aug-2015 | 726 kali dibaca

Image alt
Foto Saat Diskusi


Jurusan Matematika Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman, sehari sebelumnya sukses menggelar kuliah Umum dan Workshop. Pada hari Jum’at, 07 Agustus 2015, melanjutkan kegiatannya dengan mengadakan Diskusi Kurikulum dan Penelitian di Bidang Biostatistik, dengan narasumber Prof. Timothy E. O’Brien (Loyola University Chicago) di Ruang Einstein dan Amstrong Gedung FMIPA Unmul.

Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unmul Dr. Sri Wahyuningsih, M.Si., menuturkan didalam diskusi antara Prof. Timothy E. O’Brien dengan peserta, ada beberapa yang perlu dicermati dan dijadikan sebagai masukkan dalam meningkatkan ilmu matematika dan ilmu statistika bagi mahasiswa. Pertama, perlu ada matakuliah yang spesifik mengarah ke matakuliah matematika dan statistika dengan jumlah SKS kurang lebih 65 sampai dengan 75 SKS. Kedua, dibuat  matakuliah khusus untuk  mempelajari software-software statistik seperti SAS,  R-Software, S-Plus, STATA, Minitab, dan lainnya.

Harapan dari diskusi yang di lakukan, Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unmul, mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan software-software statistik, khususnya kemampuan dalam mengoperasikan software “R” dikarenakan software ini sama baiknya dengan software lainnya dalam memproses data statistik. selain itu, software “R” merupakan open source yang tidak memerlukan lisensi/gratis, atau yang dikenal dengan freeware.

Turut hadir dalam kegiatan diskusi para Dosen dan mahasiswa FMIPA Unmul. (hms_fmipa/nzk)

Copyright © 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman