PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENDANAAN BOPTN TAHUN ANGGARAN 2017

Tanggal: 07-Jul-2017

Salah satu keunggulan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman adalah kegiatan penelitian-penelitiannya yang menghasilkan temuan-temuan baru di bidang pengetahuan dan kegiatan ilmiah di tengah masyarakat sebagai bentuk pengabdian menjadi kontribusi nyata dalam perkembangan peradaban dunia. Sebagai pilar tri dharma perguruan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga menjadi kunci untuk menambah wawasan baru dan pengalaman belajar dari sudut pandang realitas.

Penelitian yang baik membutuhkan laboratorium yang berkualitas baik, tata kelola dan hasil penelitiannya dipublikasikan dalam bentuk artikel ilmiah. Hasil penelitian ini akan lebih sempurna jika tidak hanya menjadi referensi pengetahuan, tetapi diaplikasikan dalam bentuk kegiatan yang melibatkan masyarakat. Jika penelitian dianggap sebagai hulu proses transformasinya, maka pengabdian kepada masyarakat sebagai hilir dan merupakan terapan hasil penelitian. Kedua hal ini harus saling melengkapi untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat.

Panduan ini berisi gambaran umum tentang skema kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didanai dari BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2015, dimana prosedur dan persyaratan pengajuan proposal, mekanisme seleksi dan evaluasi, serta mekanisme pemantauan dan pertanggungjawaban disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Tentu saja panduan ini disusun dengan mengacu pada panduan-panduan penelitian dan pengabdian lainnya, namun beberapa bagian dikhususkan untuk menyesuaikan dengan realitas keilmuan Fakultas MIPA.

File Panduan BOPTN Tahun Anggaran 2017 dapat diunduh di sini

Unduh

Copyright © 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman