Jurnal Mipa

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELOMPOK DENGAN METODE NOMINAL GROUP TECHNIQUE(NGT) BERBASIS WEB (STUDI KASUS: ORGANISASI GEPAK KORWIL SAMARINDA ULU)

Dewi Susanti 1), Muhamad Azhari 2), Dyna Marisa Khairina 3)


Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputerdan Teknologi Informasi, Universitas Mulawarman
Email : susanti.dewi515@yahoo.com 1) , m4zh4ri@gmail.com 2) , dyna.ilkom@gmail.com 3)

Group Support System (GSS) ialah system pendukung keputusan kelompok yang digunakan untuk menghasilkan alternative solusi dari para anggota untuk rekomendasi seorang manajer dalam menghasilkan keputusan. Metode Nominal Group Technique (NGT) ialah metode yang dikembangkan untuk menghasilkan solusi dengan tingkat efektif yang tinggi baik darisegi membangkitkan ide/gagasan maupun tingkat partisipasi. Web sendiri adalah teknologi jaringan yang menunjang berbagai interaksi social terjalin secara luas. Organisasi Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) ialah organisasi etnis yang memiliki maksud dan tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM agar dapat mengelola SDA di Kalimantan. Sehingga Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dengan Metode  Nominal Group Technique(NGT) Berbasis Web menjadi system pendukung
keputusan yang membantu manajer dari Organisasi GEPAK untuk melakukan rapat dan diskusi secara efektif dan efisien baik dari segi waktu dan biaya.



Kata Kunci : GSS, Nominal Group Technique (NGT), Web, Organisasi

Download PDF Indonesia

Copyright © 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman