Jurnal Mipa

Penerapan Algoritma FloodFill pada Aplikasi Permainan Warna: ‘Colour Me’

Shella Ayu Werda Mukti1, Indah Fitri Astuti2, Awang Harsa Kridaksana2


FMIPA Unmul
Email : u1.shella@gmail.com

Colour Me adalah game mewarnai yang dibuat dengan menggunakan algoritma flood fill. Algoritma flood fill adalah algoritma yang menentukan area yang terhubung terhadap node pada multidimensional array. Permainan dibuat dengan aturan yang mudah dimainkan sehingga pemain tidak perlu berfikir terlalu keras untuk memainkannya. Colour Me dikembangkan dengan metode pengembangan sistem Linear Sequential Model yang terdiri atas analis, desain sistem, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode perancangan UML dan Macromedia Flash CS6. Hasil yang diperoleh adalah aplikasi permainan Colour Me  yang cocok untuk anak usia dini dengan konsep yang sesuai sehingga dapat digunakan untuk hiburan sekaligus media pembelajaran pengenalan warna, jadi permainan Colour Me dapat dikatakan sebagai game edukasi.



Kata Kunci : Colour Me, Algoritma Floodfill, Game Edukasi

Download PDF Indonesia

 
 
Statistika

Matematika

biologi

Biologi

fisika

Fisika

kimia

Kimia

 
Copyright © 2024 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman
Build with Codeigniter Version : 3.1.10