FMIPA Gelar Lokakarya Capai Pembelajaran Berstandar Nasional

Oleh: Addyadmin | Tanggal: 03-Sep-2015 | 618 kali dibaca

Image alt


Samarinda – FMIPA akhirnya menggelar lokakarya yang menjadi salah satu program kerja unggulan Dekan tahun 2015 selama 2 hari mulai tanggal 3-4 September 2015 bertempat di Ruang Eistein-Amstrong Gedung G. Kegiatan ini merupakan langkah penting untuk memulai seluruh aktivitas kegiatan pembelajaran di lingkungan FMIPA karena pada lokakarya ini akan dibahas berkaitan dengan kurikulum, SOP seluruh aktifitas administrasi, penentuan pedoman dan panduan pelaksanaan Tugas Akhir, PKL, Seminar, atau Ujian Akhir, serta akan dibahas berkaitan pokok-pokok program pelaksanaan penelitian dan pengabdian di lingkungan FMIPA.

Dr. Sri Wahyuningsih selaku ketua pelaksana yang juga Wakil Dekan I Bidang Akademik memaparkan bahwa pentingnya kesepakatan awal yang melibatkan seluruh dosen di lingkungan FMIPA ini adalah moment besar sebagai langkah tertib administrasi setelah sempat ditunda beberapa kali karena kesibukan program yang sedang berjalan di FMIPA sejak bulan Juli hingga Agustus 2015.

Pokok pikiran yang melandasi seluruh bahasan dalam lokakarya ini adalah Standar Nasional Pendidikan Tinggi sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 49 tahun 2014. Dekan FMIPA, Dr. Eng. Idris Mandang menyampaikan isi peraturan menteri ini secara rinci dan kebijakan-kebijakan pimpinan fakultas yang akan dilaksanakan mulai tahun 2015. Termasuk salah satu keunggulan FMIPA adalah penelitian dan pengabdian berkaitan dengan ke-MIPA-an. Untuk itu FMIPA mengalokasikan dana khusus untuk memotivasi dosen-dosen FMIPA melakukan penelitian didanai 15 judul penelitian dan 10 judul pengabdian pada tahun 2015.

Di bidang lain, FMIPA tahun 2015 juga akan mengirimkan 5 orang dosen untuk melaksanakan Program Staff Exchange ke beberapa Perguruan Tinggi di Thailand, dan 5 orang mahasiswa untuk belajar ke beberapa kampus besar di luar negeri. Kemudian dalam peningkatan kualitas belajar mengajar, fasilitas internet saat ini sudah dapat dinikmati di seluruh wilayah FMIPA, perpustakaan yang nyaman, dan ruang kuliah yang diupayakan lebih dari layak.

Seluruh program ini diharapkan mampu mencapai pembelajaran berstandar nasional sejalan visi dan misi FMIPA menjadi fakultas execellent tahun 2018.

Copyright © 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman