Jurusan Matematika Program Studi Statistika FMIPA Unmul Adakan Kuliah Umum dan Workshop

Oleh: Kusnandar | Tanggal: 07-Aug-2015 | 885 kali dibaca

Image alt
Foto Sambutan, Kuliah Umum dan Workshop


Program Studi Matematika Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman menggelar Kuliah Umum, dengan narasumber Prof. Timothy E. O’Brien (Loyola University Chicago, USA) dengan judul “Current Issues in Medical Statistics, Biostatistics, and Enviromental Statistics”, bertempat di Gedung Rektorat Ruang Serbaguna Universitas Mulawarman, Kamis (6/08).

Mewakili Dekan FMIPA Unmul, Wakil Dekan Bidang Akademik Ibu Dr. Sri Wahyuningsih, M.Si dalam sambutannya mengatakan, kami berharap kunjungan Prof. Timothy dapat membuka cakrawala mahasiswa, dosen, dan peneliti di Fakultas MIPA dan Fakultas lain di Universitas Mulawarman. Kegiatan ini, diharapkan dapat membuka jaringan dan hubungan kerjasama antara Fakultas MIPA atau Universitas Mulawarwan  dan Loyola University Chicago.

Mewakili Rektor, Kepala UPT. Layanan Internasional Unmul, Dr. Rudianto Amirta, S.Hut.,MP. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan Prof. Timothy E. O‘Brien di Universitas Mulawarman dalam memberikan pencerahan akan ilmu statistik yang bagi beberapa orang sulit menjadi mudah dipelajari, harapan yang sama juga disampaikan akan adanya kerjasama diantara kedua universitas serta akan berkunjung kembali (Universitas Mulawarman) untuk memberikan ilmu pengetahuan khususnya Ilmu Statistik. Beliau melanjutkan, harapan disampaikan kepada Bapak dan Ibu Dosen serta mahasiswa, ini merupakan kesempatan untuk dapat menimba ilmu pengetahuan dari Prof. Timothy.

Dalam pokok bahasan kuliah umum ini, pemaparan informasi terkini mengenai perkembangan ilmu statistik medis, biostatistik dan statistik lingkungan. Serta bagaimana memahami ilmu statistik yang dianggap ilmu yang sulit, agar menjadi mudah mengimplementasikan baik teori maupun aplikasi softwarenya sehingga memudahkan baik pemahaman dalam pembelajarannya maupun dalam penelitian.

Setelah selesai memberikan kuliah umum, pada jam 14.00 wite dihari yang sama, Prof. Timothy E. O‘Brien memberikan materi workshop yang berjudul : “Statistical Concept, Fundamental and Modelling on Biomedical Research”  yang bertempat di Ruang Einstein Gedung FMIPA Unmul.

Dalam kegiatan workshop, mengutip dari Ibu Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unmul, Prof. Timothy memberikan pencerahan kepada peserta workshop, tentang bagaimana statistika dapat menjembatani antara teori dengan aplikasi yang terjadi adanya “gap”.

Turut hadir dalam kuliah umum dan kegiatan workshop, para dosen FMIPA, mahasiswa Unmul serta undangan. (hms_fmipa/nzk)

Copyright © 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman