FMIPA UNMUL : LABORATORIUM KIMIA ANORGANIK DAN FISIK "PENGABDIAN MASYARAKAT"

Oleh: Kusnandar | Tanggal: 05-Oct-2019 | 37 kali dibaca

Image alt


Laboratorium Kimia Anorganik dan Fisik, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat berupa workshop “Penggunaan Chemistry Board Games dalam pembelajaran kimia tingkat Sekolah Menengah Atas” pada tanggal 1,2 dan 4 Oktober 2019.
 
Kegiatan workshop ini didukung oleh Pemerintah Australia melalui skema dana hibah alumni (Alumni Grant Scheme) yang di administrasikan oleh Australia Awards in Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia Kota Samarinda.
 
Workshop dibuka pada tanggal 1 Oktober 2019 oleh Dekan Fakultas MIPA, Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si di Grand Victoria Hotel, Samarinda. Workshop ini dihadiri pula oleh Ketua Jurusan Kimia, Dr. Rudi Kartika, M.Si, Koordinator Prodi S2 Kimia, Dr. Rahmat Gunawan, Kepala Laboratorium Kimia Anorganik dan Fisik, sekaligus sebagai penanggungjawab kegiatan, #OzAlum Dr. RR Dirgarini Julia Nurlianti Subagyono, MSc, dan dosen-dosen Jurusan Kimia. Padahari ke-1 workshop, sebanyak 60 guru dari 30 sekolah se-kota Samarinda mengikuti kegiatan ini.
 
Narasumber workshop pada hari ke-1 adalah Dr. Abdul Hakim, M.Pd yang membawakan materi tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam memahami konsep-konsep kimia dengan moderator Irfan Ashari Hiyahara, M.Si. Pada workshop hari ke-1, guru-guru kimia dilatih untuk menggunakan tiga jenis permainan kimia, yaitu chemipoly (monopoli kimia), ular tangga kimia dan kartu unsur dalam pembelajaran kimia di sekolah.
 
Pada hari ke-2 workshop (Rabu 2/10/2019) bertempat di Hotel Grand Victoria, sebanyak 60 guru dan 65 siswa/siswi SMA/MA dari 30 sekolah se-kota Samarinda mengikuti kegiatan ini di Grand Victoria Hotel, Samarinda. Narasumber workshop pada hari ke-2 adalah Dr. Rahmat Gunawan, M.Si yang membawakan materi tentang sejarah perkembangan tabel periodik kimia. Pada workshop hari ke-1, guru-guru kimia yang telah dilatih sebelumnya pada hari ke-1 workshop mengaplikasikan tiga jenis permainan kimia, yaitu chemipoly (monopoli kimia), ular tangga kimia dan kartu unsur kepada siswa/siswi.
 
Pada hari ke-3 workshop (Jum’at 4/10/2019), sebanyak 60 guru dan 65 siswa/siswi SMA/MA dari 30 sekolah se-kota Samarinda mengikuti kegiatan ini yang bertempat di Laboratorium Fakultas MIPA Unmul Samarinda, yaitu Laboratorium Kimia Anorganik dan Fisik dengan materi Praktikum Detektif Kimia, Laboratorium Statistik, Ekonomi, Bisnis dengan materi Pelatihan Penggunaan Augmented Reality untuk Pembelajaran Kimia, dan Laboratorium Matematika Komputasi dengan materi Post-test."Bekerja Bersama Membangun FMIPA Unggul". nzkqb/hms_fmipa

Copyright © 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman
Build with Codeigniter Version : 3.1.10