FMIPA UNMUL : SEMINAR DAN WORKSHOP GEOFISIKA 2019

Oleh: Kusnandar | Tanggal: 29-Apr-2019 | 39 kali dibaca

Image alt


Pada hari Sabtu, 27 April 2019. Bertemakan “Membentuk SDM Geofisika yang Profesional Berperan dalam Mengoptimalkan SDA Kalimantan Timur”, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Seminar dan Workshop Geofisika 2019. Terselenggara di ruang Avogradro, Gedung D, Lantai 1, Kampus FMIPA.

Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si. membuka kegiatan Seminar dan Workshop Geofisika 2019 yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Fisika, Sekretaris Jurusan Fisika, Koordinator Program Studi Geofisika, Bapak/Ibu Dosen, Narasumber, peserta Seminar dan Workshop, serta seluruh panitia.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNMUL Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si menyampaikan selamat datang kepada para narasumber dan seluruh peserta yang hadir baik dari kalimantan maupun luar kalimantan. “Dahulunya Prodi Geofisika merupakan bidang keahlian didalam prodi Fisika dikarenakan banyaknya peminat sehingga didirikan Prodi Geofisika,” ucapnya.

Beliau melanjutkan, dalam pembangunan Laboratorium Terpadu, Saya membawa hasil studi dari praktikum mahasiswa geofisika FMIPA Unmul dalam mendeteksi kondisi tanah, ternyata memperlihatkan hasil bahwa tanah keras tidak terlalu jauh kebawah, sehingga bidang project percaya sehingga menjadi acuan dalam pembangunan Laboratorium Terpadu. Sedangkan alat-alat Geofisika yang ada di Fakultas MIPA melalui jaringan dapat di gunakan oleh seluruh Universitas yang ada di Indonesia dan Geofisika yang ada disini adalah Geofisika yang “Save Lingkungan”. Tukas beliau.

Untuk diketahui, kegiatan seminar dan wokshop geofisika 2019 ini menghadirkan narasumber Aa Pian Nopiana, M.Si. dan Gadang Gentur Wihardy dari PT. Pertamina Hulu Mahakam, Drs. Piter Lepong, M.Si., Dr. Sc. Mustaid Yusuf, M.Si. dan Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si., dari Universitas Mulawarman.

Selanjutnya, selesai Ishoma di laksanakan workshop dan para peserta di bawa dan diarahkan oleh panitia dalam pengimplementasian alat-alat praktikum geofisika yang mana tempat workshop berlokasi di lingkungan Fakultas MIPA unmul. Dengan alat-alat geofisika sebagai berikut :

- Seismik Refraksi
- Multi channel Resistivity & IP ( geolistrik)
- Proton Magnetometer ( Geomagnetik)
- Ground Penetrating Radar ( Georadar)

Kegiatan seminar dan workshop ini dengan peserta dari guru dan siswa tingkat SLTA serta Bapak/Ibu Dosen dan Mahasiswa baik dari perguruan tinggi di kalimantan maupun diluar kalimantan dengan tujuan untuk mengenalkan dan menginformasikan keberadaan prodi geofisika FMIPA Unmul. “ Bekerja Bersama Menuju FMIPA Unggul”. nzkqb/humas_fmipa

Copyright © 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman
Build with Codeigniter Version : 3.1.10