FMIPA UNMUL : PELAKSANAAN KEGIATAN "IWOIS" 2017

Oleh: Kusnandar | Tanggal: 02-Dec-2017 | 1686 kali dibaca

Image alt


Fakultas MIPA Unmul, pada hari Senin-Kamis, 27-30 November 2017. melaksanakan workshop yang terselenggara hasil kerjasama Lembaga Oseanografi Scripps, Universitas California San Diego (SIO / UCSD) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini berjudul An International Workshop on Oceonography of The Indonesia Seas (IWOIS) 2017. Dengan Narasumber dan Peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri. Lokasi kegiatan menggunakan gedung FMIPA unmul dan Hotel Grand Victoria Samarinda.

Disampaikan oleh Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si., di sela-sela kegiatan pelaksanaan IWIOS 2017, "Harapan saya dari kegiatan workshop tentang oseanografi dengan narasumber dari San Diego dengan partisipasi dari beberapa universitas di Indonesia yang berbatasan langsung dengan selat Makassar, seperti ada Unhas, Untad, juga  dari Unsri sebagai pembicara, ditambah kami dari Unmul. Ke depan, agar dapat tercipta komunikasi yang baik dalam kolaborasi riset,” katanya.

Kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari itu akan berfokus pada pengamatan, pengolahan data, dan pemodelan di selat Makassar serta memanfaatkan Laboratorium Fisika Komputasi, Jurusan Fisika FMIPA sebagai salah satu tempat pelaksanaan.

Sedangkan tujuan dari kegiatan akademik ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya Selat Makassar. Dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unmul, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, workshop secara khusus memliki sasaran guna meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para periset muda dan Dosen mengenai Oseanografi fisik laut Indonesia secara keseluruhan, terutama peran Selat Makassar.

Di hari pertama pelaksanaan, Dr. Ivonne M. Radjawane dari ITB membawakan pokok bahasan bertema “Sea-Air Interaction with Mixing Phenomenon at Makassar Strait”. Menyusul kemudian, disesi selanjutnya dari akademisi Unmul  diisi oleh Dr. Sc. Mustaid Yusuf, yang membawakan makalah bertema “Tide-induced Residual Current using Numerical Modeling in Makassar Strait”.

Berlanjut keesokan harinya (hari kedua) Dr. Janet Sprintall, dari Scripps Institution of Oceanography, University of California, San Diego akan mempresentasikan “The Role Of The Indonesian Throughflow In The Climate System”. Dan pemaparan materi “IOD Phenomenon in Indian Ocean and its effects to Indonesian Sea” dibawakan oleh Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, dari Universitas Sriwijaya (yang seharusnya pada hari ke empat menyampaikan materinya sesuai jadwal).

Pada hari ketiga oleh Dr. Sutara Suanda dari University of California, San Diego, memaparkan “Nested Numerical Models of Coastal Circulation”. Dan dilanjutkan Dekan FMIPA Unmul, menyampaikan hasil riset yang sesuai dengan PIP Unmul terkait tropical studies, yakni di kawasan Delta Mahakam dan pengaruhnya berjudul “Tidal Mixing Dynamic in Estuary of Delta Mahakam and its effects to Makassar Strait”.

Selain pemaparan materi dari narasumber serta presentasi dari peserta workshop, dilakukan juga workshop project yang dipandu oleh narasumber dan di presentasikan oleh peserta di hari ke empat bertempat di hotel Grand Victoria Samarinda.

Bapak Dekan menutup kegiatan IWIOS 2017 yang dilaksanakan oleh Fakultas MIPA Unmul selama empat hari, bertempat di Hotel Grand Victoria Samarinda. nzkq/humas_fmipa/humas_fr

 
 
Statistika

Matematika

biologi

Biologi

fisika

Fisika

kimia

Kimia

 
Copyright © 2024 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Mulawarman
Build with Codeigniter Version : 3.1.10