Home Statistika komputasi

14 November 2011 20:51:42

Struktur Organisasi

 

Visi dan Misi Laboratorium Statistika
 

Abstrak

Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman memiliki dua laboratorium, yaitu Laboratorium Statistika dan Laboratorium Statistika Terapan. Laboratorium Statistika lebih difokuskan pada pendidikan, penerapan dan pengembangan statistika bidang Komputasi. Sedangkan Laboratorium Statistika Terapan lebih difokuskan pada pendidikan, penerapan dan pengembangan statistika bidang Statistika Terapan, khususnya terapan di bidang industri, kesehatan, bisnis dan sosial.

Secara umum ada dua kegiatan yang dilaksanakan oleh Laboratorium Statistika, yaitu kegiatan yang bersifat intern dan ekstern (pelayanan kepada masyarakat umum). Kegiatan intern merupakan yang sifatnya melayani mahasiswa yang ada di lingkungan Universitas Mulawarman, khususnya mahasiswa-mahasiwa dari Program Studi Statistika. Sedangkan kegiatan ekstern merupakan kegiatan yang sifatnya melayani masyarakat umum yang membutuhkan pelayanan dari Laboratorium Statistika, seperti bimbingan, konsultasi dan analisis data atau kursus dan pelatihan.

Layanan Internal

Untuk mendukung kegiatan perkuliahan di Program Studi Statistika, maka Laboratorium Statistika selalu berusaha untuk membantu mahasiswanya untuk lebih memperdalam dan memahami konsep-konsep dasar statistika melalui kegiatan praktikum statistik, baik secara manual maupun secara komputasi statistik dengan menggunakan paket aplikasi statistika. Kegiatan laboratorium ini secara umum ditujukan untuk melengkapi dan memberikan pelatihan penerapan metoda analisis statistika dengan menggunakan beberapa perangkat lunak statistika. Dalam laboratorium ini akan diajarkan kepada mahasiswa bagaimana mengolah data statistik dengan menggunakan suatu program statistik tertentu, dimana teorinya diajarkan pada beberapa mata kuliah yang memerlukan masalah komputasi yang rumit.

Tujuan khusus laboratorium ini adalah agar mahasiswa mampu menggunakan paket aplikasi statistika pada suatu sistem di dalam komputer. Sedangkan tujuan umumnya adalah mahasiswa mampu menginterpretasikan hasil-hasil yang diberikan dalam paket aplikasi statistik tersebut. Beberapa perangkat lunak yang digunakan dalam Laboratorium Komputasi ini adalah MS. Office 2007, R, MINITAB, SPSS, S-PLUS, EViews, Matlab dan Maple. Rincian mengenai tujuan dari kegiatan praktikum yang dilakukan di Laboratorium Statistika adalah sebagai berikut:

  1. Memahami konsep dasar dari Statistika Deskriptif: menyajikan data dalam tabel agar lebih mudah dipahami oleh orang lain; melihat kecenderungan dari data yaitu melihat apakah mempunyai trend, gelombang atau siklis, dan pola musiman; serta melihat karakteristik data.
  2. Memahami konsep dasar distribusi; populasi dan sampel; serta memahami konsep statistik inferensial.
  3. Mengetahui pengolahan data statistika dengan menggunakan perangkat lunak statistik, serta mampu membuat suatu program (makro) aplikasi statistik.
  4. Memahami dan menginterpretasikan output yang diberikan oleh perangkat lunak statistika.

Layanan Eksternal

Konsultasi dan Analisis Data

Bentuk konsultasi dan analisis data yang dapat dilakukan oleh Laboratorium Statistika adalah:

  1. Pengolahan data statistika.
  2. Pembuatan dan penyusunan kuesioner.
  3. Penetapan sampel, rencana sampling, serta pembuatan suatu rancangan percobaan.
  4. Bimbingan makalah, skripsi, thesis maupun disertasi.

Pelayanan Penelitian

Bentuk pelayanan riset atau yang dapat ditangani oleh Laboratorium Statistika saat ini adalah:

  1. Pelaksanaan riset dan studi kelayakan.
  2. Penyusunan proposal atau laporan penelitian.
  3. Pengembangan dan perintisan networking (academic networking, government networking, dll.).

Kursus dan Pelatihan

Jenis-jenis pelatihan yang ditawarkan oleh Laboratorium Statistika ditekankan kepada konsep-konsep dasar statistika dan pelatihan untuk menghimpun, menyimpan, mengolah, dan menganalisis data dengan menggunakan paket aplikasi statistika. Paket-paket aplikasi statistik yang akan digunakan adalah MINITAB, SPSS, SAS, dan S-PLUS.

 

Pengelola
Ketua Laboratorium : M. Faturrahman, S.Si., M.Si
Laboran : Dwi Mayu